Jumat, 29 September 2017

3 Hal Yang Harus Anda Tahu Jika Ingin Menguasai GOOGLE

3 Hal Yang Harus Anda Tahu Jika Ingin Menguasai GOOGLE


Di artikel sebelumnya yang membahas tentang cara memulai bisnis online, jika Anda belum membaca sebaiknya Anda baca dahulu disini.


Nah, untuk di artikel ini kita bahas mengenai hal dasar jika kita ingin menguasai Google. Google merupakan mesin pencari yang populer saat ini, hampir semua orang ketika mencari sesuatu selalu dengan mengetik di Google. Bahkan hal hal konyol sering muncul di Gogle Suggestion karena seringnya diketik atau dicari oleh orang.




1.Google Suggestion


Pertama yang harus kita tau adalah mengenai Google Suggestion. Bagi orang awam pasti bertanya tanya, apa itu Google Suggestion.

Google Suggestion sendiri adalah kata kata yang muncul secara otomatis ketika kita mengetik sebuah kata di kolom pencarian Google. Gambarnya seperti dibawah ini:

Google Suggestion
Mengapa hal itu muncul??
Dan kenapa urutannya seperti itu??
Apa pengaruhnya untuk Bisnis Online, kok harus mempelajari tentang Google Suggestion??

Mari kita bahas 1 per 1

Google Suggestion itu muncul karena banyaknya orang mengetik sebuah kata di kolom pencarian Google. Dan hal itu dinamis, yang artinya bisa berubah kapan saja.Hari ini kita ketik hasilnya seperti itu, besok atau lusa bisa jadi sudah berbeda hasilnya. 

Urutan Google Suggestion itu berdasarkan tingkat kepopuleran pencarian di waktu itu.Waktu dimana kita mengetik kata di kolom pencarian Google. Yang muncul teratas adalah yang yang paling banyak dicari, tapi hasil tersebut bukan acuan utama kita dalam menentukan Kata Kunci atau Produk yang akan kita jual nantinya. Kita masih perlu sebuah tools dari Google unutk memvalidasi hasil pencarian tersebut. Tools ini bakal kita ulas di bawah, jadi sabar dan baca secara perlahan.

Pengaruh Google Suggestion untuk bisnis kita yaitu untuk melakukan sebuah RISET. Riset Pasar, Riset Produk hingga Riset Kata Kunci.

3 Hal Riset ini akan kita bahas di artikel selanjutnya.

2.Google Trend

Google Trend merupakan tools GRATIS dari Google yang bisa kita manfaatkan untuk menguasai GOOGLE. Google Trend dibuat untuk mencatat trend-trend yang terjadi di dunia. 

Lihat tren terkini, data dan visualisasi dari Google. Cari tahu apa yang sedang tren di dekat Anda sekarang juga. 

Itu adalah slogan dari Google Trend. Kita bisa mencari tahu hal apa saja yang sedang Nge-Trend di dunia.

Nah dalam bisnis online, kita WAJIB menggunakan Google Trend untuk mengetahui apakah produk yang akan kita jual masih diminati di pasar online.


Tampilan Google Trend per 27 September 2017.

Kata Kunci PSM Makassar menempati urutan kedua karena PSM Makassar memiliki laga Big Match melawan Persiura Jayapura tadi siang.

Berikutnya data ke-3 dan ke-4 memiliki keterkaitan kata " Live Streaming" dan "Klasemen Liga Champions" populer hari ini dikarena hari ini ada jadwal dan hasil pertandingan Liga Champons Eropa.

Data ke-5 dengan kata kunci "Hujan", seperti yang kita tahu bahwa bulan September sudah mulai memasuki musim penghujan.

Untuk data dengan kata kunci "SCTV" saya tidak bisa menjelaskan, karena jujur saja, saya ga pernha mengikuti perkembangan pertelevisian tanah air.






Data diatas adalah data yang muncul otomatis karena pencarian yang sangat banyak dihari itu.

Nah bagi kita yang akan memanfaatkan Google Trend sebagai alat untuk berjualan maka kita harus memasukkan kata kunci di kolom pencarian Google Trend.


3. Google Keyword Planner

Tools terakhir adalah Google Keyword Planner. Sesuai namanya ini adalah tool untuk membantu kita dalam merencanakan kata kunci untuk produk yang akan kita jual nantinya. Kombinasi 3 Tools GRATISAN dari Google ini bisa kita manfaatkan untuk menguasai GOOGLE.


Load disqus comments

0 komentar