Jumat, 29 September 2017

3 Tips Memulai Jualan Online yang MUDAH untuk PEMULA

3 Tips Memulai Jualan Online yang MUDAH untuk PEMULA


Kebanyakan pemula yang ingin berjualan online bingung harus memulai darimana. Bisa jadi mereka galau karena melihat di timeline facebook banyak SS dari para mastah yang pamer orderan, pamer earning dan pamer keberhasilan mereka dari berjualan secara online. Banyak cara untuk menghasilkan uang dari internet, mulai dari berjualan online, menulis konten di blog/website dengan AdSense dan juga membuat video di youtube terus di monetize.



Untuk yang ingin berjualan online caranya sangat banyak, mulai dari cara GRATISAN hingga cara BERBAYAR. Semua sah untuk digunakan, tidak ada yang bilang cara GRATISAN lebih buruk dibanding cara BERBAYAR. Karena semua tujuannya, PROFIT. Masing-masing cara mempunya kelebihan dan kelemahan tentunya, dan juga resiko dari setiap cara yang kita ambil.

Saya pribadi menggunakan cara GRATISAN karena menurut saya ini masih powerfull dan juga resiko yang minim. Saya hanya membeli domain untuk website saya, dan cara promosinya full GRATISAN. Menggunakan teknik SEO dan tentunya dengan menggunakan media-media online selain website.Karena banyak media online yang bisa kita gunakan untuk berjualan online. Berjualan online tidak selalu dengan website, itu kata guru saya.

Untuk pemula yang bener-bener baru mengenal dunia online, ada tingkatan dalam belajar berjualan. Tidak langsung mengenal website, karena website butuh perawatan yang ekstra. 

Berikut 6 tahapan memilih media untuk berjualan online:

1.Iklan Baris
   Berjualanlah melalui media iklan baris, media dimana tempat untuk beriklan bagi kebanyakan orang.

2.Marketplace
   Marketplace seperti sebuah pasar, dimana ada penjual dan pembeli yang setiap hari menawarakan dan mencari produk. Dimarketplace bisa jadi salah 1 tempat yang baik untuk memulai berjualan. Saat ini ada beberapa marketplace yang populer seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan LAZADA.



3.Forum
   Banyak forum Jual Beli seperti kaskus, atau bisa juga menggunakan forum dari media online seperti Detik,Liputan6 dan Viva.

4.Social Media
   Banyak yang bilang kalau market sekarang ada di Social Media seperti Facebook dan Instagram. Pendapat itu tidak sepenuhnya benar, karena tergantung tentang produk apa yang bakal dicari. Jika Anda mencari produk seperti Sabut Kelapa, kecil kemungkinan Anda menemukannya di Instagram, kecuali ada teman seperguruan saya yang menggunakan media tersebut.



5.Blog
   Blog sejatinya tempat untuk menulis bukan untuk berjualan, tetapi bisa digunakan pemula untuk belajar berjualan.Karena blog ini gratis. Dan dari blog 

6.Website
   Website lebih untuk kalangan professional, dengan konten yang disajikan untuk professional. Ber-Domain .com .net .id .co.id dll. Berbayar dan dengan design yang menarik.

Selain media media online diatas, masih banyak lagi media online yang bisa digunakan untuk berjualan. Di artikel berikutnya akan saya bahas mengenai media-media online yang cocok digunakan untuk berjualan di GOOGLE.




Nah untuk 3 Tips Memulai Jualan Online yang MUDAH untuk PEMULA 

1. Niatkan dengan serius bahwa ingin berjualan online. Karena ga ada hasil instan dalam berjualan online. Sabar dan tekun ketika berpromosi.

2. Belajar ke orang yang tepat, banyak orang/guru/mastah yang bertebaran di dunia online maupun offline. Cari yang sudah berpengalaman dalam mengajar, jangan hanya tergiur dengan SS jualan dia. Karena bisa jadi itu hanya rekayasa, memang ga semua, tetapi ada yang seperti itu.

3. Jual produk sesuai hobi, itu karena saya dulu juga seperti itu. Bisnis pertama saya yang bertahan sampai sekarang itu adalah bagian dari hobi saya.








Load disqus comments

1 komentar: